Dampak buruk Internet bagi anak-anak

A child with internet

Zaman sekarang mungkin sudah sangat tidak sama dengan yang dulu. Bahan permainan bagi anak zaman dulu medianya adalah lapangan dan bersama teman-teman. Namun media permainan itu telah berubah seiring perkembangan teknologi. Kini anak-anak tidak lagi bermain di lapangan, justru sebagian besar lebih suka bermain di warung internet (warnet). Hal ini lebih menarik bagi mereka karena teman-teman mereka lebih dulu menikmatinya dan baik secara langsung maupun tidak, juga mengajak teman-teman yang lainnya.

Ada banyak permainan yang mampu membuat anak-anak betah berada di depan komputer hingga berjam-jam dan menghabiskan uang yang cukup banyak.
Permainan-permainan tersebut pada umumnya merupakan permainan online ber-genre MMORPG. Jenis permainan ini mendorong anak-anak berlama-lama di warung internet karena butuh waktu cukup lama untuk mencapai level sesuai keinginan pemain dan motivasi untuk bersaing dengan pemain lain.

Sangat jelas sekali bahwa hal ini membawa dampak buruk terhadap anak tersebut. Karena dengan begitu anak tersebut memiliki waktu yang lebih sedikit untuk berkomunikasi, baik kepada keluarga maupun kepada teman-teman. Dan anak-anak cenderung menjadi individualis, dimana ia lebih suka melakukan berbagai hal sendiri dan kurang dan minimnya kemampuan untuk bekerja sama dalam tim atau organisasi.

Ada banyak sumber informasi yang mendorong anak-anak untuk sering bermain di internet, terutama dari teman-teman, tontonan televisi, iklan, dan sebagainya. Sehingga diperlukan adanya pihak yang memfilterisasi kebiasaan tersebut. Dan orangtualah yang paling berperan dalam pengendalian ini.
Peran orang tua sangat berpengaruh dalam perilaku dan kebiasaan anak. Dan orangtua juga harus mampu mengendalikan anak dengan cara yang baik, sehingga sang anak mampu untuk menyadari baik-buruknya kebiasaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s