Mobile Advertising, Media Periklanan Baru yang Perlu Dilirik

Pengguna handphone di Indonesia meningkat drastis dalam dekade terakhir ini. Berdasarkan hasil riset Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) mencatat bahwa pengguna telepon selular GSM yang aktif di Indonesia adalah sebanyak 180.000.000 nomor. Sedangkan pengguna telepon selular CDMA sebanyak 26.000.000 nomor.

Ramainya pengguna telepon selular di tanah air membuat berbagai perusahaan tertarik untuk mengalokasikan anggaran promosinya ke media baru ini. Dan bagi media-media periklanan seperti situs web, blog, jejaring sosial, dan sebagainya juga tertarik untuk menggarap lahan baru pemasaran ini.

Berdasarkan data riset inMobi menunjukkan bahwa 54,6% dari 234 juta penduduk Indonesia memiliki handphone lebih dari dua. Hal ini terjadi juga akibat persaingan operator yang semakin sengit, pendapatan masyarakat yang fluktuatif, serta kebutuhan akan layanan yang bervariasi membuat masyarakat cenderung membutuhkan handphone minimal dua.

Berdasarkan hasil riset inMobi juga didapatkan bahwa masyarakat Indonesia gemar mengakses internet melalui perangkat mobile. Hal ini disebabkan semakin terjangkaunya harga smartphone. Apalagi dengan kehadiran Android beberapa waktu lalu yang akan meramaikan pasar smartphone di Indonesia.

Oleh karena itu banyak perusahaan mulai melirik mobile internet untuk menjadi ladang promosi baru yang perlu digarap.
Menurut beberapa riset pemasaran dari Frontier Consulting Group juga diketahui bahwa tingkat penerimaan konsumen terhadap iklan mobile lebih tinggi dibandingkan media-media lainnya seperti iklan televisi, baliho, sponsorship, dan sebagainya.

Diketahui dari beberapa sumber bahwa mobile advertising mengalami peningkatan sebesar 20% setiap tahunnya tercatat dari tahun 2009 dan berhasil meraup keuntungan mulai dari 2 hingga 4,9 milyar tiap tahunnya.

Besarnya angka pendapatan diatas tentu akan menarik hati para media untuk lebih fokus dalam penanganan iklan mobile.
Bahkan detik.com juga sudah mulai memanfaatkan media mobile advertising ini bagi para kliennya, mengingat pengunjung detik.com sebagian besar juga mengakses via perangkat seluler.

Nantikan perkembangan berikutnya mengenai mobile advertising di PortalTeknologi.com !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s