Penggunaan Mobile Internet di Indonesia Masih Bersifat Konsumtif

Indonesia tercatat sebagai negara berkembang di Asia Tenggara dengan pertumbuhan penggunaan teknologi informasi yang terus meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan penuturan Ketua Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI) diketahui bahwa total pelanggan selular di Indonesia adalah sebanyak 180.000.000 pengguna. Jumlah tersebut adalah 80% dari seluruh penduduk Indonesia saat ini.

Berdasarkan data inMobi tercatat bahwa pengguna internet melalui perangkat seluler adalah 9.000.000 pengguna. Dan pihak Opera menyatakan 76% diantaranya adalah pengguna produk Opera Mini yang secara aktif online setiap harinya. Sementara menurut Opera sendiri jumlah penggunanya di dunia adalah sebesar 61.400.000, berarti Indonesia telah menguasai setidaknya 10% dari pangsa pasar Opera Mini tersebut.

Namun sayang, penggunaan mobile internet di Indonesia masih digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Ini dapat dilihat dari peringkat situs yang paling sering diakses oleh para penggunanya di Indonesia. Peringkat pertama adalah Facebook, hal ini dirasa wajar karena Indonesia kini telah menjadi negara ke-3 di dunia yang paling banyak menggunakan layanan Facebook. Sementara situs berita dan situs pencarian Google masih berada beberapa peringkat dibawahnya.

Hal ini dianggap bagus karena dengan adanya jejaring sosial, mobile browser, dan akses internet yang mudah dari operator membuat penetrasi penggunaan mobile internet di Indonesia meroket dengan cepat. Kita ambil salah satu contoh, berdasarkan data statistik pasar smartphone di Indonesia, penjualan Blackberry di Indonesia meningkat hampir 500% setiap tahunnya, baik yang melalui jalur resmi maupun ilegal.

Namun tidak tertutup kemungkinan bahwa pengguna mobile internet di Indonesia akan memperluas fungsi dan penggunaan dari mobile internet ini untuk hal-hal yang sifatnya lebih produktif. Sebagai contoh, pengguna mobile internet mulai sering memanfaatkan internet untuk mengakses situs berita, menulis di blog, dan aktif dalam forum.

Nantikan berita selanjutnya mengenai Mobile Internet di PortalTeknologi.com !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s