Social Networking mengalahkan Email??

Semenjak beberapa tahun belakangan ini media komunikasi seperti jejaring sosial telah merangkul banyak pengguna internet. Dan pertumbuhan penggunanya bisa menyentuh angka yang sangat signifikan. Contohnya seperti Facebook yang kini memiliki lebih dari 500 juta pengguna, dan Twitter yang baru saja mencapai angka 145 juta pengguna.

Kondisi ini sangat berbeda dari beberapa tahun lalu dimana e-mail masih menjadi media komunikasi yang paling populer di jagat internet. Semua orang memanfaatkan e-mail untuk berbagi informasi dengan cara one-to-one, atau one-to-many melalui fungsi mailing list.

Namun fasilitas-fasilitas seperti itu dirasa sudah kurang mencukupi untuk kebutuhan komunikasi saat ini yang menuntut many-to-many communication. Dan hanya jejaring sosial yang mampu mewujudkan hal tersebut.

Dan tak dapat dihindarkan lagi bahwa pangsa pasar e-mail pun sudah mulai tergerus oleh jejaring sosial sebagai pesaing barunya. Hal ini dapat dilihat dari trafik penggunaan e-mail yang semakin berkurang dan peningkatan drastis pada trafik jejaring sosial.

Hal ini dapat terjadi karena semua fungsi yang biasanya ada pada e-mail sudah ada pada jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Pengiriman tulisan, gambar, dan data kini sudah mungkin dilakukan pada jejaring sosial.

Dalam dunia bisnis pun pemanfaatan jejaring sosial juga sudah mulai dioptimalkan. Dan ternyata sangat membantu karena sifat dari jejaring sosial yang realtime jauh lebih baik dari e-mail.

Dalam dunia bisnispun jejaring sosial sangat membantu dari sisi pengelolaan pelanggan dan kemitraan. Karena setiap pengguna dapat terhubung dengan mudah kepada rekan-rekannya yang lain.

Namun dari seluruh tanda-tanda perubahan yang telah terjadi bukan berarti e-mail akan dapat digantikan sepenuhnya oleh jejaring sosial dalam waktu dekat ini. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyesuaikannya kebutuhan.

Statistik trend atas Yahoo dan Facebook dapat dilihat pada link dibawah ini: http://www.google.co.id/trends?q=yahoo,+facebook&geo=idn&sa=N

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s