Summary Seminar Riau Go Online @ Kantor Walikota Pekanbaru

Hari ini saya menghadiri sebuah seminar yang ditaja oleh Pekanbaru Blogger Community yang bertempat di Kantor Walikota Pekanbaru. Saya sendiri selaku seorang blogger yang berdomisili di Pekanbaru baru menyadari keberadaan komunitas ini (yg setelah saya cari tahu dari teman ternyata sudah mulai aktif sejak tahun 2007). Mari kita langsung saja simak rangkuman seminar yang saya tulis di bawah ini.

Salah satu materi seminar yang saya simak adalah yang dibawakan oleh seorang pembicara dari PANDI yang merupakan sebuah lembaga pengelola dan pembuat kebijakan seputar nama domain di Indonesia dengan domain “.id”. Saya sangat tertarik dengan pesan yang coba bapak Sigit sampaikan untuk mengajak kita para pengguna internet di Indonesia untuk lebih memilih menggunakan nama domain dengan akhiran .id dibandingkan dengan menggunakan akhiran .com

Pak Sigit menyatakan ada beberapa faktor yang akan membuat kita tertarik menggunakan domain .id tersebut. Pertama adalah alasan otentikasi kepemilikan domain bagi pemilik nama domain yang dioperasikan di Indonesia. Dari banyak forum yang saya baca di Indonesia, para pengguna pemilik website bisnis maupun blogger lebih menyenangi menggunakan domain dengan akhiran “.com”, karena cenderung lebih mudah dibuat tanpa perlu memenuhi berbagai persyaratan administratif untuk tujuan otentikasi, hanya tinggal bayar biaya tahunan. Dan banyak dari mereka merasa bahwa dengan menggunakan domain .com rasanya jauh lebih keren. Padahal dengan kemudahan tersebut para penjahat dunia maya dapat memanfaatkan kesempatan untuk membuat situs palsu yang dapat mengelabui para pengguna internet yang tidak sengaja, lalai, atau bahkan tidak tau alamat yang diinginkan sebenarnya.

Kedua, rasa aman bagi para pengguna internet yang mengunjungi situs dengan domain .id tentu akan meningkat karena orang yang mendapatkan hak untuk menggunakan domain .id telah diotentikasi keabsahannya dengan serangkaian proses verifikasi yang menuntut berbagai instrumen identitas tergantung jenis domain yang ia butuhkan. Sebagai contoh, untuk situs yang bertujuan bisnis atau penggunaan umum dapat memilih menggunakan domain .co.id dengan persyaratan yang cukup sederhana seperti KTP. Untuk institusi pendidikan seperti sekolah dapat menggunakan domain .sch.id. dan tingkat universitas dapat menggunakan domain .ac.id.

PANDI sebenarnya sedang menyiapkan domain baru seperti .biz.id untuk kategori bisnis dan UKM serta domain .my.id untuk penggunaan perorangan seperti para pengguna blog. Jadi, andaikata ketika domain .id digunakan oleh pemilik domain nakal untuk melakukan penipuan melalui transaksi jual-beli online, maka para pengguna dapat melaporkan tindakan penipuan tersebut kepada PANDI untuk dapat memperoleh identitas pemilik domain atau bahkan untuk dilaporkan ke pihak berwajib.

Manfaat ketiga adalah, hadirnya domain .id ini mengajarkan kita para pengguna internet di Indonesia baik hanya sebagai pengunjung maupun sebagai pemilik situs untuk lebih mencintai konten-konten buatan anak negeri, dan tentunya turut mengkampanyekan penggunaan internet sehat di Indonesia.

Kemudian pada sesi berikutnya hadir seorang pembicara, beliau bernama Donny B.U. Dalam seminar tadi tidak begitu diterangkan detil profil beliau, sehingga penulis mohon maad tidak dapat menampilkan. Dalam presentasi yang dibawakannya ia menjelaskan bahwa jika seorang pengusaha kecil ingin mulai mengadopsi teknologi internet untuk mendongkrak kinerja bisnisnya maka hal itu dapat dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa biaya. Ada banyak alternatif media promosi di internet yang dapat dimanfaatkan seperti facebook, twitter, blog, bahkan situs yang dihosting sendiri, tentunya lebih baik dengan menggunakan domain .id

Memasuki sesi tanya jawab, dapat terlihat dengan jelas ketertarikan dan minat para hadirin yang mayoritas memang pelaku usaha kecil menengah untuk bertanya seputar materi seminar, mencari solusi akan permasalahan riil yang mereka hadapi di lapangan, dan bagaimana cara menerapkan internet secara total pada bisnis mereka.

Untuk menjawab semua keraguan para hadirin seminar sebelum benar-benar menerapkan semua ilmu yang didapatkan dari seminar panitia menghadirkan para pelaku UKM yang benar-benar telah menerapkan pemanfaatan media internet bahkan dari awal bisnisnya. Para narasumber tersebut berasal dari kategori bisnis yang berbeda seperti; rental otomotif, baju kaos, sepatu, media, dan lainnya.

Walaupun tidak semua yang hadir adalah murni pelaku UKM, semua peserta mendapatkan ilmu yang sangat berguna dan tentunya mendapatkan semangat yang sama. Semangat untuk memajukan bisnis-bisnis kecil di Indonesia🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s