Livescribe Sky WiFi Smartpen Review

Pernah kehilangan catatan?
Pernah menginput catatan dari buku tulis ke komputer?
Pernah lupa bagaimana alur cerita dalam catatan anda?
Bahkan anda pernah lupa dialog diskusi saat anda membuat catatan tersebut?

Itu problem yang sudah kuno sekali di era serba gadget sekarang. Kini sudah hadir SmartPen Livescribe Sky WiFi yang bisa menjawab semua permasalahan diatas. Apa saja fitur yang bisa ditawarkan oleh “pena pintar” ini? Mari kita simak🙂

Jika dibandingkan dengan pena pada umumnya, maka Sky (kita singkat saja begitu) memiliki ukuran dan bobot yang sedikit lebih besar, namun Livescribe menjamin masih cukup nyaman dalam genggaman. Anda akan terkejut jika tahu apa saja yang ada di dalamnya, antara lain kamera, memori, prosesor, wifi, bahkan display berukuran kecil.

Sebelum anda menggunakan Sky untuk mencatat, ada baiknya anda membuat dulu akun Evernote di browser desktop untuk kemudian diintegrasikan dengan Sky. Silahkan buka di evernote.com
Sedangkan untuk men-setting penanya, dapat anda lakukan dengan mengetuk beberapa tombol control paper untuk settingan wifi, akun, dsb. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti instruksi pada buku panduan ataupun tutorialnya di situs livescribe.com
Bagaimana ada tombol di kertas? Apa yang ada dalam pikiran pena ini? Jangan khawatir, it works just like that😉

Fitur
Dengan menggunakan Sky, apapun yang anda catat pada Livescribe dot paper akan otomatis tersimpan ke server Evernote dengan kuota upload 500MB per bulan. Dan Sky memiliki memori internal mulai dari 2 hingga 8 GB. Yang paling kecil saja cukup untuk menyimpan 250 jam catatan (tulisan + suara). Sky mensyaratkan anda hanya untuk mencatat pada dot paper, karena pada kertas khusus ini terdapat banyak titik dalam ukuran sangat kecil yang menjadi panduan bagi kamera untuk mendeteksi tulisan tangan anda. Anda tidak perlu khawatir jika tidak mampu atau tidak mau membeli notebook khusus tersebut karena anda dapat mencetaknya sendiri dirumah dengan menggunakan template (format pdf) yang disediakan Livescribe pada kertas apa saja yang anda print. Dan soal ketahanan baterai, Livescribe mengklaim produknya dapat digunakan untuk 2-3 bulan dalam 1 kali cas dengan frekuensi penggunaan tinggi.

UPDATE!!
Catatan tulisan tangan yang sudah tersinkronisasi ke evernote dapat dideteksi sebagai teks.

Playback
Sambil anda mencatat di dot paper anda dapat merekam suara anda sebagai bagian dari catatan. Dan anda dapat memutar ulang suara anda dengan instan cukup dengan mengetukkan ujung pena anda tepat pada bagian yang anda inginkan pada catatan anda (anda bisa melihat video demonya di youtube.
Saat anda selesai membuat catatan, Sky akan secara otomatis mensingkronkan catatan terbaru ke akun Evernote anda sehingga anda dapat memutar ulang catatan anda dari berbagai perangkat mulai dari laptop, iPad, iPhone, hingga Android. Saat anda buka catatan anda, tekan tombol play, anda akan melihat goresan tangan anda muncul satu per satu berikut dengan suara yang terekam.

Sebenarnya Sky merupakan evolusi dari beberapa produk sebelumnya yaitu Pulse dan EchoPen. Ketiganya memiliki fitur yang identik, namun Sky memiliki kelebihan untuk menyimpan seluruh catatan kita secara cloud ke server Evernote tanpa membutuhkan desktop software seperti pada beberapa produk pendahulunya.

Fitur-fitur yang ditawarkan Sky cukup sederhana, tapi itulah yang paling dibutuhkan seseorang yang sering membuat catatan (terutama yang sering menghilangkannya). Sky cocok untuk digunakan oleh mahasiswa, jurnalis, konseptor, desainer, dan penghobby gadget.

Baik, saya tertarik. Berapa harga pena ini?
Yang paling murah (edisi 2GB) dibandrol Livescribe seharga $159 yang jika dirupiahkan menjadi sebesar Rp 1.550.000,-. Sudah termasuk dengan cadangan mata pena, charger, dan sebuah buku berisi dot paper setebal 60 halaman.

Mahal sekali !!!
Saat catatan anda hilang, anda akan menyadari bahwa ide anda lebih mahal dari 1juta 5ratus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s